Triathlete Kita : Timo Franciscus

Edited by RR – 9 Dec 18

We have a quick chat with Timo, one of the few considered “elders” among triathlete. Dont be intimidated with his toned physique or serious game face, he is genuinely one of the nicest guy, the kind the guy who will reply your hello in transition area, generous with training tips and cheer you up on the course.

This is the first of the series, where we ask Indonesian triathletes from all walks of life to share some interesting bit of their tricurious life. Email us if you want to us to feature specific athlete.

Sejak kapan memulai Triathlon dan apa yang membuat tertarik untuk terjun di Triathlon

Sekitar awal tahun 2010, diajak Reza Puspo untuk daftar Bali Triathlon, mulai latihan dengan teman-teman Trijak. Saat itu melihat triathlon sangat menarik untuk dicoba dengan adanya 3 jenis olahraga yang harus dilakukan bergantian.

Sebagai seorang suami, ayah dan bekerja fulltime bagaimana cara Timo untuk membuat harmoni antara triathlon dan kewajiban lainnya ?

Pertama, harus bisa membagi waktu dengan baik, dengan menempatkan keluarga dan pekerjaan disisi prioritas.Kedua, komunikasi dengan keluarga mengenai rencana latihan dan lomba.Ketiga, libatkan keluarga dalam aktifitas latihan atau lomba. Contoh yang paling sederhana dengan membawa keluarga ke lomba tersebut untuk melihat kita bertanding dan sekalian berkunjung ke daerah baru untuk berlibur.

Apakah Timo punya kebiasaan/ritual tertentu, sebelum atau ketika race ?

Tidak ada 😊

Untuk seseorang yang baru memulai mencoba triathlon, selain Tribuds AnnivTri, event apalagi yg kira2 cocok ?

Sekarang sudah banyak pilihan ya, tinggal dicocokan dengan jadwal kesibukan dan biaya tersedia, lomba-lomba local ada di Palembang, Sungailiat, Bintan, Bali. Untuk diluar negeri ada di Singapore dan Thailand. Untuk Jakarta hanya Tribuds AnnivTri dan KidsTri untuk anak2.

Buat seorang Timo, race apa yang sejauh ini paling challenging dan what is your greatest achievement?

Lomba yang paling menantang di Ironman Subic, Philippines. Dan untuk hasil terbaik di Ironman 70.3 Bintan tahun 2015.

Selain Triathlon, olahraga atau hobi apalagi yg Timo tekuni

Olahraga lain tidak ada. Kalo hobi lain mungkin didapur mencoba resep-resep baru.

Saat ini untuk race setup pakai perlengkapan merk apa saja (sebutkan setup peralatan berenang, sepeda dan lari favorit ketika race)

Berenang: kacamata renang pake Aquasphere, celana dari Hydro, pull buoy Finnis, paddle Stroke master, Fins dari DMCSepeda: Trek Speed Concept 9, sepatu bont riot+, helmet Rudy Project, Trainer Wahoo Kicker, computer Wahoo Elemnt, baju/celana 2XULari: Sepatu Mizuno, jam Garmin 935, baju/celana 2XU

Apa major race yang akan di ikuti di 2019?Palembang Triathlon, Sungailiat Triathlon, Ironman 70.3 Bintan dan Bali Triathlon

What is your one advice to all Indonesia triathlete out there

Dukunglah perkembangan triathlon di Indonesia dengan selalu mengikuti lomba-lomba lokal dan jangan lupa bergabung dengan Triathlon Buddies supaya bias mendapatkan info-info terbaru dan berkenalan dengan sesame penggemar triathlon di Indonesia.

Final thought from you?

Stay safe and keep it fun !

You can follow Timo tri journey from his IG account @timofranciscus